Sport

Rijal-Debby Resmi "Cerai"

 

JAKARTA - Manajer tim bulutangkis Indonesia untuk SEA Games Myanmar 2013, Ricky Soebagdja, akhirnya resmi memisahkan duet ganda campuran Muhammad Rijal-Debby Susanto. Pada event empat tahunan (SEA Games) di Myanmar, Desember mendatang, posisi Rijal akan digantikan oleh Ricky Karanda Suwardi. 
 
Sebenarnya kabar mengenai perubahan itu sudah sempat diutarakan pelatih Ganda Campuran PBSI Richard Mainaky, September lalu. Namun badan yang mengurusi olaharaga bulutangkis Nasional ini, baru memutuskan perubahan itu Rabu (2/10) kemarin. Perubahan skema ini dilakukan, karena performa Rijal dalam beberapa turnamen sebelumnya tampil kurang mengesankan.
 
"Pertimbangannya adalah performa Rijal yang kurang baik dalam beberapa turnamen terakhir. Hal ini juga sudah dibicarakan dengan pelatihnya (Richard Mainaky). Namun kami akan tetap menurunkan Debby yang akan berpasangan dengan Ricky, jadi tidak ada penambahan pemain lagi," ujar Ricky dilansir Sindonews, Jumat (4/10/2013).
 
Meskipun terdapat perubahan pemain di tim inti, Ricky mengatakan bahwa target tim bulutangkis di SEA Games Myanmar 2013 tidak berubah. Lima medali tetap dibidik tim bulutangkis yaitu tiga medali emas dari nomor ganda putra, ganda putri dan ganda campuran, serta dua medali perak dari tunggal putra dan tunggal putri.
 
"Perubahan pasangan ini tidak akan mempengaruhi target perolehan medali. Nomor ganda campuran tetap akan ditargetkan meraih medali emas. Selain Ricky-Debby, kan ada pasangan Riky-Richi," tambahnya. 
 
Sementara itu di tunggal putri, Linda Wenifanetri juga akan digantikan dengan Aprilia Yuswandari. Linda yang kini berada di posisi 12 pada peringkat super series, dijadwalkan untuk mengikuti ajang BWF Super Series Final 2013 di Kuala Lumpur, Malaysia.
 
Jadwal BWF Super Series Final 2013 yang bersamaan dengan SEA Games Myanmar 2013 membuat sejumlah pemain utama tak dapat berlaga membela Merah-Putih di pesta olahraga se Asia Tenggara tersebut. BWF Super Series Final 2013 akan dilangsungkan pada 11-15 Desember, sementara cabang olahraga bulutangkis akan dimainkan di SEA Games Myanmar 2013 pada 10-14 Desember. (rep1)
 
Berikut daftar lengkap skuat bulutangkis Indonesia di SEA Games Myanmar 2013 :
 
Tunggal putra
Dionysius Hayom Rumbaka, Wisnu Yuli Prasetyo
 
Tunggal putri
Bellaetrix Manuputty, Aprilia Yuswandari
 
Ganda putra
Angga Pratama/Rian Agung Saputro, Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan
 
Ganda putri
Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Tiara Rosalia Nuraidah/Gebby Ristiyani Imawan
 
Ganda campuran
Riky Widianto/Richi Puspita Dili, Riky Karanda Suwardi/Debby Susanto